Rabu, 16 November 2016

contoh Resensi Buku Nonfiksi

CONTOH RESENSI BUKU NONFIKSI



RESENSI BUKU



A.    Identitas Buku :
1. Judul buku                 :  Orang Kidal Memang Istimewa
2. Penulis                       :  Gamal Komandoko
3. Penerbit                      :  Media Pressindo
4. Tahun terbit               :   2013
5. Tebal buku                 :  13 x 19 cm; vii + 184 halaman
6. Cetakan ke                 :  1 (pertama)
7. Gambar sampul          :Sampul buku ini dominan memiliki warna hijau
kecoklat-coklatan dan hitam, dengan judul “Orang Kidal Memang Istimewa” yang dicetak timbul, dan pada sampul buku ini terdapat garis besar materi yang akan dibahas dalam buku ini.



B.     Ringkasan / Ikhtisar Isi Buku
BAB I : Keistimewaan Orang Kidal
Kekuatan tangan kiri itu ternyata tidak kalah dibandingkan kekuatan tangan kanan pada orang yang bukan kidal.Otak kanan yang lebih dominan pada orang kidal memang menunjukkan individu kidal menjadi sosok yang istimewa.Keistimewaan orang kidal dapat disebutkan dalam hal-hal seperti; lebih kreatif dan pemikir dalam hal-hal abstrak, daya imajinasi dan khayal yang tinggi, lebih mudah beradaptasi dan sebagainya.
Bagi sebagian besar masyarakat, kidal adalah tabu.Khususnya bagi masyarakat dengan budaya timur, menggunakan tangan kiri terutama ketika beraktivitas sosial memang tidak layak.Namun, menjadi kidal sesungguhnya bukan sebuah pilihan dan bukan keinginan atau kehendak dari yang bersangkutan.Semuanya keluar dari refleks yang sangat wajar bagi pelakunya.
   Tanpa adanya pembuktian atau pemberian fakta yang benar, mitos kerap kali dianggap sebgai kebenaran, banyak mitos dan juga fakta mengenai kidal, diantaranya kidal adalah sebyah ketidaknormalan, tangan kanan adalah tangan yang baik dan tangan  kiri adalah tangan yang buruk, dan masih banyak lagi fakta dan mitos mengenai kidal.

                       BAB II : Potensi Otak Kanan Orang Kidal
   Otak kanan merupakan bagian pengendali Emotional Quotiont (EQ) yang berfungsi dalam pengendalian emosi, sosialisasi, komunikasi, dan interaksi dengan orang lain.Cara kerja otak kanan biasanya tidak terstruktur dan cenderung mengabaikan hal-hal yang terlalu terperinci.
Seseorang bisa disebutkan kidal jika otak kanan yang bersangkutan lebih dominan dibandingkan otak kirinya. Dominasi otak kanan ini akan menyebabkan bagian tubuhnya yang kiri yang akan aktif. Namun, apa penyebab hingga otak kanannya yang lebih mendominasi, ternyata jawabannya tidak mudah. Masalah kidal masih diliputi misteri yang besar.Masih kuat diliputi asumsi dan pendapat.Kebanyakan asumsi dan pendapat itu masih sulit dibuktikan secara medis dan adakalanya malah berbaur dengan mitos.
Walaupun orang kidal mempunyai kelebihan. Namun, meskibukan berarti orang kidal tidak mempunyai kelemahan diantaranya cenderung menggunakan pemikirannya sendiri, cenderung tidak percaya diri, tidak suka sesuatu yang  berbelit-belit dan lain sebagainya.

  BAB III : Tes Kecenderungan Dominan Otak Kanan atau Otak Kiri
Untuk mengetahui apakah kecenderungan dominansi pada otak kita, kita dapat melakukan beberapa tes untuk mengetahui apakah kita lebih cenderung menggunakan otak kiri atau kanan.Salah satu tes sederhana untuk mengetahui kecenderungan otak kita yaitu dengan mencoba bersedekap, lalu perhatikan posisi tangan kanan dan tangan kiri.Jika posisi tangan kanan berada di atas tangan kiri, maka berarti cenderung otak kiri, tetapi jika posisi tangan kiri berada di atas tangan kanan, maka berarticenderung otak kanan.
Masing-masing belahan otak mempunyai kelebihan dan keistimewaan tersendiri.Mengingat kebanyakan orang lebih dominan otak kirinya, tidak berlebihan kiranya untuk lebih mengasah dan mengaktifkan otak kanan.

                   BAB IV : Perlakuan Khusus pada Anak Kidal
Anak-anak bertangan kidal sebenarnya harus diberi perlakuan berbeda karena selama ini kita tidak sadar jika mereka cenderung terintimidasi.Padahal, seorang anak tidak dapat memilih akan kidal atau tidak. Karena kekhususannya, Perlu mendapatkan penanganan yang tepat. Semua itu diharapkan akan dapat membuat anak kidal tumbuh berkembang dengan baik.
Ciri-ciri bayi kidal mulai terlihat ketika si bayi berusia antara 6 hingga 7 bulan.Bisa dilihat melalui refleks tangan kirinya lebih cepat dibandingkan tangan kanannya. Anak kidal memiliki ciri-ciri umum seperti lebih suka benda-benda yang berwarna-warni, cenderung sensitif dan emosional,  jika berbicara tidak sistematis dan biasanya sering melamun.
Memaksa anak kidal untuk meninggalkan kebiasaannya memang akan memberi dampak buruk. Bagaimanapun halnya, anak kidal perlu mendapat pelatihan untuk itu.Bukan untuk ‘mematikan’ kekidalannya, melainkan untuk juga menggunakan tangan kanannya, terutama untuk hal-hal yang dipandang sopan dan baik.
    Tidak sedikit anak kidal yang mengalami gangguan belajar yang berupa
kesulitan untuk membaca. Gangguan ini terjadi pada otak ketika mengolah dan memproses informasi yang tengah dibaca anak. Oleh karena itu, ada beberapa cara dapat diterapkan untuk membantu kesulitan tersebut.

             BAB V : Anak Kidal Rentan Mendapat Diskriminasi
Sebagai kelompok minoritas, selama ini orang kidal mendapat hal-hal yang tidak menguntungkan dalam kehidupan ini.Mereka juga terpaksa harus mendapatkan perlakuan yang kurang adil.Orang-orang yang kidal terpaksa harus mengalah serta dipaksa harus mampu beradaptasi.Hampir keseluruhan barang atau peralatan dirancang dan dibuat untuk digunakan oleh orang-orang bertangan kanan.
Persepsi umum tentang kidal memang harus diubah, sebab kidal bukan merupakan penyimpangan, kelainan, atau gangguan.Tidak ada yang salah terlahir menjadi kidal.Sangat salah jika orang yang kidal dipaksa untuk menjadi tidak kidal. Memaksa anak kidal menggunakan tangan kanan sama halnya dengan memaksa anak bertangan kanan melakukan aktivitas menggunakan tangan kirinya.

BAB VI : Tokoh-Tokoh Kidal Dunia
Cukup banyak orang kidal yang terkenal dan menjadi tokoh-tokoh dunia dalam berbagai bidang. Majalah TIME pernah mengeluarkan daftar ranking 10 tokoh kidal yang paling terkenal di dunia.Diantaranya yaitu Barack Obama, Presiden Amerika Serikat yang ke-44.Tokoh kidal selanjutnya adalah Bill Gates, beliau adalah seorang pebisnis, investor, sekaligus penulis yang sukses.Bill Gates merupakan pendiri Microsoft Corporation.Kemudian diurutan ketiga ada Oprah Winfrei yang merupakan salah seorang selebriti sekaligus pengusaha ternama Amerika Serikat.
    Masih banyak tokoh-tokoh kidal terkenal lainnya seperti Albert Einsten yang merupakan ilmuwan fisika teoritis yang dianggap sebagai ilmuwan
terbesar dalam abad 20. Ia sangat ternama dengan teori relativitasnya. Ilmuwan kedua yang betangan kidal adalah Isaac Newton yang merupakan seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, ahli kimia, dan teolog dari Inggris.Newton disebutkan selaku Bapak Fisika Klasik dan juga ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah. Masih terdapat tokoh-tokoh terkenal lain yang bertangan kidal diantanya Mahatma Gandhi, Pablo Picaso, Neil Amstrong, Lionel Messi dan yang lainnya.


C.    Bahasa Pengarang
Di dalam buku ini, pengarang menggunakan bahasa yang komunikatif, ringan dan mudah dipahami oleh pembaca. Sehingga pembaca akan merasa lebih mengerti apa maksud dan tujuan dalam buku ini.

D.    Kelebihan
1.      Gambar atau sampul pada buku menarik
Sampul pada buku ini cukupbagus  karenamenggunakan perpaduan warna yang tidak terlalu mencolok dan indah dipandang sehingga membuat kita tertarik untuk membacanya.
2.      Kualitas kertas bagus
Menggunakan kertas dengan kualitas cukup bagus, bersih, dan cukup tebal sehingga tidak mudah robek dan tidak mudah usam walaupun disimpan dalam jangka waktu yang lama.
3.      Terdapat beberapa tes
Di dalam buku ini terdapat beberapa tes yang yang bisa kita gunakan untuk mengetahui kecenderungan yang dimiliki oleh otak kita.

E.     Kekurangan
1.   Animasi atau gambar kurang berwarna dan hanya sedikit
Animasi atau gambar-gambar dalam buku ini sedikit dan menggunakan warna hitam putih saja sehingga dapat membuat kita merasa jenuh saat membacanya
2.   Jenis tulisan kurang bagus dan ukurannya cukup kecil
Jenis tulisan yang digunakan tidak terlalu bagus dan ukurannya cukup kecil yang dapat membuat kita dapat merasa bosan dan lelah membacanya karena ukurannya yang cukup kecil.
3.   Tes kurang akurat
Tes kecenderungan otak dalam buku ini tidak cukup akurat, sehingga terkadang kita bisa mendapat hasil yang tak sesuai harapan.

F.     Simpulan
Sebenarnya orang dikatakan kidal karena dominasi oleh otak kanan, berbanding terbalik dengan kebanyakan orang yang dominan otak kiri dan cenderung menggunakan tangan kanan.Di samping itu, orang yang kidal ternyata istimewa dsn memiliki potensi yang luar biasa karena sudah terlatih menggunakan otak kanan. Hanya saja, biasanya bakat tersebut menjadi hilang karena cara perlakuan terhadap anak yang kidal tidak tepat.
    Buku ini akan membuat kita melihat kidal bukan sebagai sesuatu yang harus ditakuti, melainkan sebagai anugrah karena bakat yang luar biasa. Dengan  bahasa yang ringan buku ini memuat, potensi apa saja yang dimiliki si kidal, tes kecenderungan otak kiri atau otak kanan, tips memaksimalkan potensi anak kidal sejak kecil, mengatasi kesulitan belajar anak kidal, mengasah dan mengaktifkan otak kanan, serta kisah inspiratif tokoh-tokoh kidal dunia.

1 komentar: